Selasa, 06 Juni 2017

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP K-13) BAHASA ARAB

1 komentar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah/Sekolah       : SMA-IT Al-Uswah Surabaya
Kelas/Semester            : X
Program                       : IPA
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Materi Pokok              : Bayanat as-syakhsiyah
Maharoh                      : Istima’
Alokasi Waktu            : 45x2 (90 menit)

A.      Kompetensi Inti:
(KI-1)  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian:
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1) bayanat as-syakhsiyah baik secara lisan maupun tulisan
3.1.1. mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
3.3.2. mengidentifikasi bunyi kata
3.3.3. mengidentifikasi bunyi frase
3.3.4. mengidentifikasi bunyi kalimat

C.      Materi Pembelajaran:
Materi istima’ tentang:






D.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Active learning
2.    Sam’iyah safawiyah

E.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    laptop
2.    audio
3.    speaker
4.    lembar soal

F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Kegiatan
Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1.    mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2.     mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3.    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4.    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5.    menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
    15
    Menit
-          lembar soal
-          audio
-          laptop
-          speaker

Kegiatan
Inti
(Dalam kegiatan inti mengandung lima unsur langkah pendekatan saintifik/ilmiah)
1.    Mengamati
-          Menyimak pengucapan ujaran dengan tepat berkaitan dengan tema: bayanat as-syakhsiyah
-          Mendengarkan kata kata yang pengucapannya mirip
-          Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/audio yang diperdengarkan dan menirukan pelafalan dan intonasinya berkaitan dengan tema bayanat as-syakhsiyah
-          Mencocokkan gambar denga apayang didengar berkaitan dengan tema.
2.    Menanya
-          Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang diperdengarkan
-          Menjawab pertanyaan sederhana secara tertulis/lisan tentang bayanat as-syakhsiyah yang diperdengarkan
3.    Menalar
-          Memahami lafal huruf-huruf  hijaiyah, kata, dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan
4.    Mengasosiasi
-          Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan dirri yang dilakukan oleh orang arab denga orang indonesia
5.    Mengomunikasikan
-          menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan dirri dalam bahasa arab
    60
    menit

-          lembar soal
-          audio
-          laptop
-          speaker


Kegiatan
Penutup
Kegiatan penutup terdiri atas:
1.     Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu: (a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran; (b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan (c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2.     Kegiatan guru yaitu: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan (c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
    15
    menit

-          lembar soal
-          audio
-          laptop
-          speaker


G.      Penilaian hasil Pembelajaran
I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian            : non-test
b. Bentuk Instrumen         : penilaian diri
c. Instrumen Penilaian
Lembar Penilaian Diri Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik       : Ali
Kelas                              : X
Kompetensi dasar          :....................
No
Aspek pengamatan
skor
keterangan
1
2
3
4

1
Membaca do’a di awal dan di akhir pembelajaran





2
Mengucapkan salam di setiap kesempatan





3
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu





4
Berserah diri kepada Allah SWT atas setiap usaha yang dikerjakan





5
Melaksanakan ibadah tepat waktu






Keterangan:
4= selalu ditunjukkan  3= sering ditunjukkan
2= jarang ditunjukkan 1= tidak pernah ditunjukkan

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 (sesuai Permendikbud No.81A tahun 2013)
Sangat Baik   : bila skor -> 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : bila skor -> 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                        : bila skor -> 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                       : bila skpr -> skor  ≤ 1,33

Perhitungan skor akhir:
Skor : skor maksimal x 4 = skor akhir

2.      Sikap sosial
a. Teknik Penilaian
b. Bentuk Instrumen
c. Instrumen Penilaian
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik       : Ali
Kelas                              : X
Kompetensi dasar          :....................
No
Aspek pengamatan
skor
keterangan
1
2
3
4

1
Tidak menyontek saat mengerjakan ulangan/ujian





2
Tidak menyalin pekerjaan orang lain tanpa menyebutkan sumbernya





3
Berani mengakui kesalahan yang dilakukannya





4
Melaporkan data atau informasi apa adanya





5
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya





Keterangan:
4= selalu ditunjukkan  3= sering ditunjukkan
2= jarang ditunjukkan 1= tidak pernah ditunjukkan

3.      Pengetahuan
a.       Teknik penilaian
b.      Instrumen penilaian
No
Indikator
Butir instrumen
1
Mengidentifikasi pelafalan huruf (makhroj)
tertentu dengan baik dan benar
** terlampir
2
Mengidentifikasi harakat panjang pendek
pelafalan ujaran / ungkapan dengan benar

3
Menyebutkan makna / arti dari ujaran dengan
Benar

Pedoman pensekoran:
No
Aspek yang dinilai
skor
1
Ketepatan pelafalan huruf (makhroj)
a.       Pelafalan huruf sudah sesuai dan tepat
b.      Pelafalan huruf cukup sesuai dan cukup tepat
c.       Pelafalan huruf kurang sesuai dan kurang tepat
d.      Pelafalan huruf tidak sesuai dan tidak tepat
1-4
4
3
2
1
2
Ketepatan pelafalan panjang pendek ujaran
a.       Pelafalan panjang pendek sudah sesuai dan tepat
b.      Pelafalan panjang pendek cukup  sesuai dan cukup tepat
c.       Pelafalan panjang pendek kurang sesuai dan kurang  tepat
d.      Pelafalan panjang pendek tidak sesuai dan tidak tepat
1-4
4
3
2
1
3
Ketepatan menyebutkan makna/arti kata atau ujaran
a.       Makna/arti sudah sesuai dan tepat sebesar 100%
b.      Makna/arti sudah sesuai dan tepat sebesar 75%
c.       Makna/arti sudah sesuai dan tepat sebesar 50%
d.      Makna/arti sudah sesuai dan tepat sebesar 25%
1-4
4
3
2
1
Nilai=skor yang diperoleh : skor maksimal

4.      Keterampilan
a.       Teknik penilaian
b.      Bentuk instrumen
c.       Instrumen penilaian

Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik       : Ali
Kelas                              : X
Kompetensi dasar          :....................
no
Indikator
Butir soal
1
Melafalkan kembali ungkapan sederhana yang
diperdengarkan dengan baik dan benar
** terlampir
2
Memperagakan ungkapan-ungkapan sesuai
situasi dan konteks yang terjadi


Pedoman penskoran:
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan Pelafalan Ungkapan / Kalimat Sederhana
1-4

a. Pelafalan ungkapan / kalimat sudah sesuai dan tepat
4

b. Pelafalan ungkapan / kalimat cukup sesuai dan cukup tepat
3

c. Pelafalan ungkapan / kalimat kurang sesuai dan kurang tepat
2

d. Pelafalan ungkapan / kalimat tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Ketepatan Pelafalan Ungkapan dengan Situasi dan Konteks
1-4

a. Pelafalan ungkapan sudah sesuai dan tepat
4

b. Pelafalan ungkapan cukup sesuai dan cukup tepat
3

c. Pelafalan ungkapan kurang sesuai dan kurang tepat
2

d.                  Pelafalan ungkapan tidak sesuai dan tidak tepat
1

Nilai= skor yang diperoleh : skor maksimal
  




Mengetahui,
Dosen Pengampu



Dr. Eni Purwati, M.Ag.
Surabaya, 6 Juni 2017
Guru Bahasa Arab



Syaifudin

1 komentar:

 
back to top