RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Madrasah/Sekolah : SMA-IT Al-Uswah Surabaya
Kelas/Semester : X
Program : IPA
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Materi
Pokok : Bayanat
as-syakhsiyah
Maharoh : Istima’
Alokasi
Waktu : 45x2 (90 menit)
A.
Kompetensi Inti:
(KI-1) Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian:
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema 1) bayanat
as-syakhsiyah baik secara
lisan maupun tulisan
|
3.1.1. mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
3.3.2. mengidentifikasi bunyi kata
3.3.3. mengidentifikasi bunyi frase
3.3.4. mengidentifikasi
bunyi kalimat
|
C. Materi
Pembelajaran:
Materi istima’ tentang:
D.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
1.
Active
learning
2.
Sam’iyah
safawiyah
E.
Media, Alat, dan
Sumber Belajar
1. laptop
2. audio
3. speaker
4. lembar soal
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1.
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2.
mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang
akan dipelajari dan dikembangkan;
3.
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari;
4.
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
dan
5.
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
15
Menit
|
-
lembar soal
-
audio
-
laptop
-
speaker
|
|
Kegiatan
Inti
|
(Dalam kegiatan inti
mengandung lima unsur langkah pendekatan saintifik/ilmiah)
1. Mengamati
-
Menyimak pengucapan ujaran
dengan tepat berkaitan dengan tema: bayanat as-syakhsiyah
-
Mendengarkan kata kata
yang pengucapannya mirip
-
Menyimak wacana sambil memperhatikan
model guru/kaset/audio yang diperdengarkan dan menirukan pelafalan dan
intonasinya berkaitan dengan tema bayanat as-syakhsiyah
-
Mencocokkan gambar denga apayang didengar berkaitan dengan tema.
2. Menanya
-
Melakukan tanya jawab
sederhana tentang tema/topik yang diperdengarkan
-
Menjawab pertanyaan
sederhana secara tertulis/lisan tentang bayanat as-syakhsiyah yang
diperdengarkan
3. Menalar
-
Memahami lafal
huruf-huruf hijaiyah, kata, dan
kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan
4. Mengasosiasi
-
Membandingkan cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
dirri yang dilakukan oleh orang arab denga orang indonesia
5. Mengomunikasikan
-
menjelaskan cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
dirri dalam bahasa arab
|
60
menit
|
-
lembar soal
-
audio
-
laptop
-
speaker
|
|
|
||||
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan penutup terdiri atas:
1.
Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu: (a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran; (b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
dan (c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2.
Kegiatan guru yaitu: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan (c) menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
-
lembar soal
-
audio
-
laptop
-
speaker
|
|
G.
Penilaian
hasil Pembelajaran
I.
Penilaian
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : non-test
b. Bentuk Instrumen : penilaian diri
c. Instrumen Penilaian
Lembar
Penilaian Diri Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik : Ali
Kelas : X
Kompetensi
dasar :....................
No
|
Aspek pengamatan
|
skor
|
keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Membaca do’a di awal dan di
akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan salam di setiap
kesempatan
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengucapkan syukur ketika
berhasil mengerjakan sesuatu
|
|
|
|
|
|
4
|
Berserah diri kepada Allah SWT
atas setiap usaha yang dikerjakan
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan ibadah tepat waktu
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4= selalu ditunjukkan 3= sering ditunjukkan
2= jarang ditunjukkan 1= tidak pernah ditunjukkan
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4 (sesuai Permendikbud No.81A tahun 2013)
Sangat Baik : bila skor -> 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : bila skor -> 2,33 <
skor ≤ 3,33
Cukup : bila skor ->
1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : bila skpr ->
skor ≤ 1,33
Perhitungan skor akhir:
Skor : skor maksimal x 4 = skor
akhir
2.
Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian
b. Bentuk Instrumen
c. Instrumen Penilaian
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik : Ali
Kelas : X
Kompetensi
dasar :....................
No
|
Aspek pengamatan
|
skor
|
keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Tidak menyontek saat mengerjakan
ulangan/ujian
|
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
menyalin pekerjaan orang lain tanpa menyebutkan sumbernya
|
|
|
|
|
|
3
|
Berani mengakui kesalahan yang
dilakukannya
|
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi
apa adanya
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4= selalu ditunjukkan 3= sering ditunjukkan
2= jarang ditunjukkan 1= tidak pernah ditunjukkan
3.
Pengetahuan
a.
Teknik penilaian
b.
Instrumen penilaian
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1
|
Mengidentifikasi
pelafalan huruf (makhroj)
tertentu dengan baik dan benar
|
**
terlampir
|
2
|
Mengidentifikasi
harakat panjang pendek
pelafalan ujaran / ungkapan
dengan benar
|
|
3
|
Menyebutkan
makna / arti dari ujaran dengan
Benar
|
|
Pedoman pensekoran:
No
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
1
|
Ketepatan pelafalan
huruf (makhroj)
a.
Pelafalan huruf sudah
sesuai dan tepat
b.
Pelafalan huruf cukup
sesuai dan cukup tepat
c.
Pelafalan huruf
kurang sesuai dan kurang tepat
d.
Pelafalan huruf tidak
sesuai dan tidak tepat
|
1-4
4
3
2
1
|
2
|
Ketepatan pelafalan panjang
pendek ujaran
a.
Pelafalan panjang
pendek sudah sesuai dan tepat
b.
Pelafalan panjang
pendek cukup sesuai dan cukup tepat
c.
Pelafalan panjang
pendek kurang sesuai dan kurang tepat
d.
Pelafalan panjang
pendek tidak sesuai dan tidak tepat
|
1-4
4
3
2
1
|
3
|
Ketepatan menyebutkan makna/arti
kata atau ujaran
a.
Makna/arti sudah
sesuai dan tepat sebesar 100%
b.
Makna/arti sudah
sesuai dan tepat sebesar 75%
c.
Makna/arti sudah
sesuai dan tepat sebesar 50%
d.
Makna/arti sudah
sesuai dan tepat sebesar 25%
|
1-4
4
3
2
1
|
Nilai=skor yang diperoleh : skor
maksimal
4.
Keterampilan
a.
Teknik penilaian
b.
Bentuk instrumen
c.
Instrumen penilaian
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik : Ali
Kelas : X
Kompetensi
dasar :....................
no
|
Indikator
|
Butir soal
|
1
|
Melafalkan kembali ungkapan
sederhana yang
diperdengarkan dengan baik dan
benar
|
**
terlampir
|
2
|
Memperagakan
ungkapan-ungkapan sesuai
situasi
dan konteks yang terjadi
|
|
Pedoman penskoran:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan Pelafalan Ungkapan /
Kalimat Sederhana
|
1-4
|
|
a. Pelafalan ungkapan / kalimat
sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Pelafalan ungkapan / kalimat
cukup sesuai dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Pelafalan ungkapan / kalimat
kurang sesuai dan kurang tepat
|
2
|
|
d. Pelafalan ungkapan / kalimat
tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
2
|
Ketepatan Pelafalan Ungkapan
dengan Situasi dan Konteks
|
1-4
|
|
a. Pelafalan ungkapan sudah
sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Pelafalan ungkapan cukup
sesuai dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Pelafalan ungkapan kurang
sesuai dan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Pelafalan ungkapan
tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
Nilai= skor yang diperoleh : skor
maksimal
Mengetahui,
Dosen Pengampu
Dr. Eni Purwati, M.Ag.
|
Surabaya, 6 Juni 2017
Guru Bahasa Arab
Syaifudin
|
TERIMA KASIH RPP NYA SANGAT MEMBANTU
BalasHapus